Kabarmu

School of Talent, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Terus Lejitkan Potensi Siswanya untuk Berprestasi

MOZAIKMU – Branding sebagai School of Talent sepertinya tak sekadar jargon belaka bagi SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan. Mereka terus memfasilitasi anak didiknya untuk untuk bertumbuh kembang dengan mental juara.

Hanya dalam hitungan bulan, sederet prestasi pun sukses ditorehkan para siswa SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang atau populer dengan sebutan SD Mutu KP. Dari tingkat kecamatan, kota, sampai provinsi, semua pernah dicicipi.

Yang terbaru, dua siswinya juga menjuara Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Pekalongan Utara. Ada ananda Aisyah Putri Aqila yang meraih Juara 1 untuk cabang Tartil, serta Adistya Shrenthi Quinn yang menyabet Juara 2 untuk cabang Tilawah.

“Alhamdulillah, kami dari pihak sekolah tugasnya hanya memetakan dan mengembangkan potensi dan bakat anak, memfasilitasi dan mendampingi mereka berkompetisi, dan ternyata banyak dari mereka yang berprestasi, baik di akademik maupun non akademik,” ungkap Kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, Mubariyin, S.Pd.I., M.Pd., Kamis 29 Februari 2024.

Komitmen SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang

Salah satu siswa SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, Muhammad Al Habsyi Zainufa mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Pekalongan usai memenangi Porprov 2023 Cabor BMX Challange Boy.

Sementara sepanjang Desember 2023 sampai Januari 2024 kemarin, sejumlah prestasi juga berhasil dicatatkan. Untuk menyebut beberapa di antaranya, yakni Juara 1 Futsal antar SD, Juara 1 Pidato Islami, Juara 2 Digital Quiz yang dihelat di Pekajangan. Juara 1 Festival Sepakbola antar SD Muhammadiyah se Kota Pekalongan, Juara 3 Tenis Meja antar SD/MI se Kota Pekalongan.

“Tahun ini kami mencanangkan diri sebagai sekolah bakat atau School of Talent. Melalui konsep branding ini, kami berkomitmen untuk memfasilitasi potensi anak-anak didik agar bisa terus bertumbuh kembang sesuai minat dan bakat mereka. Dan sejauh ini proses itu sebetulnya sudah kami lakukan,” jelas pria yang karib disapa Ayin itu.

Rabu pekan kemarin, 21 Februari 2024, salah satu siswa SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang juga tidak hanya membanggakan sekolah, melainkan bahkan Kota Pekalongan. Ya, Muhammad Al Habsyi Zainufa, siswa kelas 2A ini sebelumnya berhasil mempersembahakn Juara 1 dalam event Kejurprov/Forda tahun 2023 cabor BMX Challange Boy.

Atas kontribusinya mengharumkan nama Kota Pekalongan, Habsyi pun berkesempatan mendapatkan apresiasi dan penghargaan langsung dari Wali Kota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E. Habsyi menjadi salah satu dari daftar atlet dan pelatih yang mendapatkan tali asih atas prestasinya di Porprov 2023.

Habsyi pun tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Sebab hobi bersepeda yang telah ditekuinya sejak usia 3 tahun itu menghantarkannya pada prestasi dan penghargaan.

“Iya, dari kecil aku sudah senang bersepeda, terus sama Ayah dibeliin dan dilatih sepeda. Alhamdulillah bisa juara Porprov dan ini dapat penghargaan dan hadiah dari Bapak Wali Kota,” tutur Habsyi.

Merespon prestasi anak didiknya itu, Ayin pun mengaku ikut berbangga. Dia berharap prestasi itu bisa memotivasi para siswa lainnya, sehingga SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang akan terus melahirkan prestasi dari para siswanya.

“Bahkan dari hobi saja bisa melahirkan prestasi yang membanggakan, seperti ananda Habsyi dengan hobi bersepedanya. Nah, minat dan bakat seperti inilah yang kami petakan dan fasilitasi agar bertumbuh kembang, inilah school of talent,” pungkas Ayin. (sef)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button